ads

Kajati Sumut Idianto Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, Momentum Membangkitkan Semangat Kolaborasi

MEDAN-Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Idianto, SH, MH memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 yang diikuti seluruh jajaran mulai dari Asisten, Koordinator, Kabag TU, para Kasi dan seluruh pegawai termasuk security dan cleaning service di halaman kantor Kejati Sumut Jalan AH Nasution Medan, Senin (30/10/2023).

Kajati Sumut Idianto dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”.

Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

“Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosiokultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi. Kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan
optimal secara masif. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi,” paparnya.

Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *