ads

Cianjur : Wisata Gunung Pabeasan, Bebas Peruntukan tanpa tiket masuk


Di manakah letak Gunung Pabeasan di Cianjur?

Cianjur, sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Jawa Barat, memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan. Salah satu tempat yang paling menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Pabeasan. Datang ke sini tidak hanya akan memberi Anda pengalaman mendaki yang menyenangkan, tetapi juga pemandangan yang spektakuler.

Bahkan yang membuat menarik adalah, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk bisa menikmati indahnya Gunung Pabeasan. Selain itu, lokasi ini juga sangat mudah diakses. Sehingga, cocok bagi mereka yang ingin menjajal aktivitas kegiatan luar ruangan di kawasan Cianjur yang menakjubkan.

Untuk menuju Gunung Pabeasan, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Letaknya berada di perbatasan antara Kabupaten Cianjur dan Kota Sukabumi. Dari pusat kota Cianjur, gunung ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu jam dengan kendaraan pribadi.

Perjalanan menuju Gunung Pabeasan menawarkan panorama alam yang indah. Jalan mengikuti bukit dan lembah, dengan teras-teras sawah membentang sejauh mata memandang. Jika beruntung, Anda bahkan bisa menyaksikan air terjun kecil yang biasa disebut “curug” di sepanjang rute.

Setelah sampai di gapura Gunung Pabeasan, pengunjung diharapkan ikut menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Pengunjung juga harus memperhatikan aturan keselamatan saat mendaki gunung. Selain itu, Gunung Pabeasan juga disebut sebagai tempat suci oleh penduduk setempat, sehingga pengunjung diminta untuk menunjukkan sopan santun dan menghormati tradisi keagamaan saat berkunjung.

Meskipun Gunung Pabeasan tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya, pemandangan yang ditawarkan dari puncaknya sangat luar biasa. Saat sampai di puncak, kita bisa melihat pemandangan hijau sejauh mata memandang. Terdapat pula pohon-pohon besar yang menyediakan tempat teduh untuk beristirahat.

Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Pabeasan adalah saat pagi atau sore. Saat pagi hari, pemandangan di jalan menuju puncak kabut mampu menciptakan suasana yang menarik dan berkesan. Sedangkan saat sore hari, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam yang sangat indah.

Tidak hanya pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa melihat berbagai plant life dan fauna di sepanjang rute mendaki. Beberapa jenis plant life di sini antara lain adalah pohon bambu, pohon jati, dan pohon albasia. Sementara itu, beberapa jenis fauna yang ada di sini adalah burung merbah hijau, burung perkutut, dan kera.

Di samping keindahan Gunung Pabeasan, pengunjung juga bisa menikmati hawa sejuk di sekitarnya. Terutama apabila berkunjung selama musim hujan. Sehingga, nyaman dan menyegarkan. Namun demikian, tidak disarankan untuk berkunjung saat musim kemarau, pasalnya suhu di sana dapat mencapai 27-29 derajat Celcius.

Bagi pecinta petualangan, Gunung Pabeasan juga menawarkan jalur menarik untuk dipilih. Jalur yang ada di sana terdiri dari beberapa jenis, yaitu jalur tanah atau jalur tembus hutan, jalur bebatuan, dan jalur air. Namun, untuk mencoba jalur air, dibutuhkan waktu dan persiapan lebih matang.

Pemandangan yang indah, fakta tidak perlu membayar tiket masuk, lokasinya yang mudah diakses, dan jalur mendaki yang menarik, menjadikan Gunung Pabeasan sebagai lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, ingat selalu menjaga kebersihan dan mematuhi peraturan selama berkunjung ke sana.

Terakhir, cobalah untuk berkunjung ke Gunung Pabeasan setelah melakukan aktivitas lainnya di Cianjur. Selain itu, jangan lupa mencicipi kuliner lokal serta membawa pulang oleh-oleh khas dari Cianjur. Buah nangka, keripik tempe dan mangga, serta kopi adalah beberapa di antaranya. Selamat menyelami keindahan wisata gunung pabeasan gratis, hanya di Cianjur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *