advertisement pasang iklan disini
Uncategorized

Memperingati Hari Pers Nasional 2022 Perkumpulan Demokrasi14 Gelar Pelatihan Jurnalistik

Bagikan ke :

Deempatbelas.com,Medan,Perkumpulan Demokrasi14 Gelar Pelatihan Jurnalistik, kegiatan ini berkaitan dengan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, yang jatuh pada tanggal (9/2) kemarin. Diselenggarakan di Empatbelas Coffe Jalan Armada No 14 Medan, Sabtu (12/2/2022).

Pelatihan Jurnalistik ini, dibuka langsung oleh Pembina Perkumpulan Demokrasi Empatbelas Sumut, H.Moh Nezar Djoeli dan Muhri Fauzi Hafis. Sementara, Narasumber, yaitu, Hendra Idris S.IP (Sumutpos.id) dan Jaffar Sidik (Mimbar Umum)

pasang iklan disini

Ketua Perkumpulan Demokrasi Empatbelas, Fauzi Pohan menyebutkan, kegiatan ini diselenggarakannya dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini diikuti dari berbagai kalangan muda-mudi yang minatnya untuk menjadi insan pers (jurnalis) sangat tinggi. Dalam acara ini peserta diberikan panduan dan bekal tentang kode etik jurnalistik oleh panitia.

“Semoga dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan insan pers muda yang berintegritas dan memiliki wawasan informasi menjadi jurnalis handal. “Kata Fauzi Pohan saat memberi kata sambutan.

Salah seorang Narasumber Hendra Idris dalam paparannya, mengatakan, pelatihan ini harus betul-betul dipahami bila kita ingin menjadi seorang insan pers yang handal. Kita harus memahami kode etik, agar apa yang kita lakukan dan kita perbuat tidak menyimpang dari UU Pers Nomor 40, kerena kita dilindungi oleh Undang-undang.

” Sebagai wartawan haruslah memperbanyak ilmu dan bekal terhadap seluruh persoalan ataupun sebelum melakukan peliputan dilapangan atau bertemu dengan narasumber, seperti banyak membaca, memperluas wawasan, kuasai bahan atau persoalan yang akan kita tanyakan atau kita wawancarai kepada narasumber untuk berita. “Ungkapnya.

Sementara, menurut Ja’far, berita itu adalah informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Untuk menulis berita tentu harus memahami kaidah kaidah dasar jurnalis yaitu 5W 1.H sehingga tulisan yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Rabu (09/2/2022), secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Puncak Peringatan HPN sendiri dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

 

Show More

admin

Deempatbelas.com merupakan salah satu media online di Kota Medan yang beralamatkan di Jalan Armada No.14 Kecamatan Medan Kota. Medan, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button