ads

Pergantian Pj Gubernur Hal Yang Biasa, Jangan Di Politisir

Medan – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik tiga penjabat (Pj) gubernur. Tiga penjabat gubernur itu akan bertugas di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pelantikan para Pj Gubernur digelar di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024). Pelantikan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian hingga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Isu pergantian Pj Gubernur tersebut menimbulkan kasak kusuk di masyarakat, khususnya di Provinsi Sumatera Utara yang kebetulan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, di kabarkan akan maju sebagai Calon Gubernur yang di usung Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (Golkar,Gerindra,PAN,Demokrat).

Banyak kalangan menilai pergantian Pj Gubernur tersebut sarat dengan muatan politis untuk mengamankan calon yang di restui Istana.

Aktivis 98 Muhammad Ikhyar Velayati mengatakan , kebetulan pergantian Pj Gubernur terjadi pada saat tahun politik, sehingga banyak beredar asumsi yang sipatnya politis. padahal menurut Ikhyar pergantian yang sipatnya mutasi, rotasi maupun promosi bagi ASN merupakan hal yang biasa dan akan terus di lakukan untuk mencari bentuk ideal berjalannya roda organisasi sekaligus sebagai penyegaran.

” Di tahun politik saat ini, segala sesuatunya selalu di kaitkan dengan isu isu politik, Padahal Pergantian Pj Gubernur itu merupakan hal biasa diingkungan ASN, rotasi,maupun promosi bertujuan untuk penyegaran yang bertujuan untuk mencari format ideal jalannya roda pemerintahan, dan mekanisme mengenai hal ini sudah di atur dalam Undang Undang, jadi jangan di Politisir, Kata Ikhyar di Medan,Senin (24/6/2024).

Mantan Aktivis 98 yang pernah di tahan di era Orde Baru tersebut, memberikan apresiasi kepada PJ Gubernur Hasanudin yang sukses menyelenggarakan pilpres 2024 di Sumut dengan aman dan lancar.

” Masyarakat Sumut pasti memberikan apresiasi yang tinggi terhadap PJ Gubernur Hasanudin, karena salah satu tugas terbesar beliau saat menjabat adalah mensukseskan pilpres 2024, dan tugas tersebut berhasil di jalankan oleh Hasanudin dengan lancar, dan Sumut salah satu provinsi besar yang pilpres nya berjalan aman dan terkendali, itu berkat kerja beliau,” ungkap Ikhyar

Ikhyar menambahkan,” dan tentunya kita berharap kepada PJ Gubernur Sumut yang baru, Agus Fatoni,agar bisa juga mensukseskan agenda nasional pilkada serentak 2024 di Sumut seperti pendahulunya, dan saya sangat yakin beliau akan sukses, karena kinerja beliau ketika menjabat Pj Gubernur Sumsel juga cemerlang,” tandas ikhyar

Related Posts

Don't Miss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *