ads

Selain Pameran, PEVS 2023 Suguhkan Program Inovatif Tentang EV


Apakah PEVS 2023 memiliki rencana untuk meningkatkan infrastruktur pengisian kendaraan listrik di Indonesia?

Pameran kendaraan listrik (electric vehicles/EV) yang diselenggarakan setiap tahunnya memang selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta otomotif. Namun, siapa sangka bahwa pameran tersebut tidak hanya menampilkan konsep atau model-model terbaru dari EV yang ada di pasar global, melainkan juga menyuguhkan program-program inovatif yang memungkinkan konsumen untuk lebih memahami dan merasakan manfaat dari menggunakan kendaraan listrik.

Program-program inovatif yang disediakan oleh pameran EV tersebut bisa mencakup banyak hal, mulai dari workshop pelatihan bagi pengguna kendaraan listrik hingga kompetisi desain mobil listrik bagi pelajar. Selain itu, pameran tersebut juga bisa mengadakan sesi sharing dan diskusi dengan para ahli di bidang kendaraan bertenaga listrik, sehingga para peserta bisa lebih memahami teknologi yang digunakan dan kesempatan yang bisa diperoleh melalui EV.

Salah satu program inovatif yang disajikan di pameran EV adalah program pengenalan kendaraan listrik bagi anak-anak. Program ini dirancang untuk memberikan wawasan tentang kendaraan listrik di usia yang lebih dini, sehingga mereka bisa lebih memahami teknologi yang sedang berkembang pesat ini. Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk merasakan pengalaman mengemudikan mini kendaraan listrik yang dirancang khusus untuk mereka.

Selain program bagi anak-anak, pameran EV juga bisa menyuguhkan program vehicle-to-grid (V2G), yaitu teknologi yang memungkinkan kendaraan listrik untuk terhubung dengan jaringan listrik. Dalam program ini, kendaraan listrik bisa digunakan sebagai sumber daya cadangan bagi jaringan listrik yang sedang terjadi gangguan atau kekurangan daya. Dengan begitu, pemilik kendaraan listrik mendapatkan keuntungan berupa penghematan biaya energi, sementara pihak penyetrum listrik dapat meminimalisir risiko pemadaman listrik pada saat terjadi kekurangan daya.

Selain itu, pameran EV juga bisa mengadakan program pengenalan teknologi pengisian baterai EV yang lebih cepat, yaitu fast charging. Dalam program ini, para peserta bisa belajar dan mencoba langsung cara mengisi daya kendaraan listrik secara lebih cepat dan efektif. Fast charging menjadi semakin penting karena semakin banyak kendaraan listrik yang digunakan di jalan raya, sehingga semakin dibutuhkan infrastruktur untuk mengisi daya kendaraan tersebut secara efisien.

Pameran EV juga bisa mengadakan program edukasi tentang keberlanjutan energi dan dampak lingkungan yang dihasilkan oleh kendaraan listrik. Pusat perhatian pemerintah dan masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan, untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, dan menjaga lingkungan tetap lestari.

Dalam program ini, para peserta bisa memperoleh pengetahuan tentang bagaimana kendaraan listrik dapat membantu pengurangan emisi dan mengurangi dampak lingkungan lainnya. Mereka juga bisa belajar teknik mengemudi yang hemat energi dan tips untuk merawat kendaraan listrik juga dapat diberikan secara langsung oleh ahlinya.

Belum lagi, pameran EV dapat menyuguhkan program-program inovatif lainnya seperti penjelasan tentang sistem sensor mutakhir yang digunakan pada kendaraan listrik, program share charging yang memungkinkan para pemilik kendaraan listrik untuk saling berbagi tempat pengisian daya, hingga penggunaan blockchain yang memungkinkan pembayaran dan pengiriman data kendaraan dilakukan secara lebih aman dan efisien.

Pameran EV memang biasanya dianggap hanya sebagai ajang pameran kendaraan listrik terbaru, tetapi saat ini pameran itu jauh lebih dari itu. Dengan berbagai program inovatif yang disajikan di sana, para pecinta otomotif ataupun masyarakat umum jadi bisa mengetahui lebih dalam tentang kendaraan bertenaga listrik mulai dari sejarah, teknologi, dan keuntungan yang bisa diperoleh.

Sekarang ini sudah banyak perusahaan mobil yang terjun ke dunia kendaraan listrik dan lamanya pandemi COVID-19 membuat kendaraan listrik menjadi lebih terkenal. Tak terkecuali Indonesia yang sedang mendukung penggunaan kendaraan listrik sebagai salah satu upaya menjaga lingkungan dan lebih hemat biaya. Maka acara-acara pameran kendaraan listrik seperti PEVS menjadi penting untuk memperluas wawasan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *