ads

6+ Fungsi Komponen AC Ruangan dan Perawatannya Agar Tetap Awet


Bagaimana cara melakukan perawatan pada masing-masing komponen AC agar AC tetap awet dan berfungsi dengan baik?

6+ Fungsi Komponen AC Ruangan dan Perawatannya Agar Tetap Awet

AC atau Air Conditioner adalah perangkat yang sangat penting dalam menjaga kenyamanan suhu udara di dalam ruangan. Terlepas dari berapa lama penggunaannya, AC dapat tetap awet jika dirawat dengan baik. Berikut ini adalah 6+ fungsi komponen AC ruangan dan perawatannya agar tetap awet:

1. Saring AC

Filter AC berfungsi untuk menangkap partikel kecil seperti debu dan serbuk sari yang terbang dalam udara. Jika tidak dibersihkan secara teratur, filter AC dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan bau tidak sedap dan masalah kesehatan. Untuk perawatan, bersihkan filter AC setidaknya dua kali dalam sebulan dengan air dan sabun lunak.

2. Penguap Koil

Coil evaporator adalah komponen yang membantu menyaring udara yang masuk ke unit AC dan mengubah udara panas menjadi dingin. Jika coil evaporator terlalu banyak debu atau kotoran, maka kinerjanya akan menurun dan suhu ruangan tidak bisa menjadi dingin. Untuk perawatan, bersihkan coil evaporator setidaknya satu tahun sekali dengan membersihkannya dengan air dan sabun cuci piring.

3. Kompresor

Compressor adalah mesin yang membantu mendinginkan udara. Jika kompressor rusak atau terlalu kotor, AC Anda akan mengeluarkan suara bising dan tidak dapat digunakan dengan baik. Untuk perawatan, pastikan kompressor dirawat dengan benar, seperti memeriksa apakah ada bocor atau kerusakan pada bagian terdalamnya.

4. Sistem Pendingin

Sistem pendingin terdiri dari pendingin, pipa dan pengatur suhu. Jika salah satu dari komponen sistem pendingin cacat, maka suhu AC tidak dapat diatur dengan baik dan dapat menghasilkan udara yang panas. Untuk perawatan, pastikan sistem pendingin semua bagian dirawat dengan baik dan diagdosis jika terdapat kerusakan yang signifikan.

5. Pendingin

Refrigerant adalah cairan yang digunakan AC untuk mendinginkan udara. Jika Refrigerant terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka AC dapat menjadi bising dan tidak dapat mengeluarkan udara dingin dengan baik. Untuk perawatan, pastikan Refrigerant diisi dengan jumlah yang cukup dan berkala di diagnosa oleh profesional perawatan AC.

6. Kondensor

Kondensor adalah komponen yang membantu AC membuang panas yang dihasilkan selama proses pendinginan. Jika terlalu kotor atau cacat, AC akan mengeluarkan suara bising dan tidak dapat mengeluarkan udara dingin dengan baik. Untuk perawatan, bersihkan kondensor setidaknya satu tahun sekali dengan menggunakan sabun lunak dan air.

Kesimpulan:

Perawatan AC teratur dan tepat dapat membuat AC Anda tetap awet dalam waktu yang lama. Pastikan untuk melakukan penggantian bagian atau perbaikan ketika ada kerusakan. Dengan melakukan perawatan AC, Anda tidak hanya akan memperpanjang umur AC, tetapi juga menjaga kesehatan Anda dari kuman dan bakteri yang bisa saja tersebar di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *