ads

7 Bahaya Ngecas Sambil Important HP yang Harus Kalian Hindari, Apa Saja?


Apa bahaya yang dapat terjadi jika kita mengecas ponsel sambil memainkannya?

Semakin berkembangnya teknologi, membuat penggunaan smartphone menjadi semakin banyak. Tak jarang pengguna smartphone lupa waktu saat bermain smartphone. Kegiatan tersebut seringkali dilakukan sambil mengecas baterai smartphone.

Yang tidak banyak orang tahu, ternyata mengecas smartphone sambil memainkannya bisa berbahaya. Ada beberapa potensi bahaya yang dapat terjadi saat penggunaan smartphone sedangkan arus listrik masih mengalir.

1. Resiko terjadinya ledakan
Banyak sekali literatur yang menerangkan bahwa baterai smartphone akan mengalami panas saat sedang diisi daya. Hal ini dikarenakan adanya proses perubahan energi pada baterai. Namun dengan memainkan smartphone secara bersamaan dengan mengisi daya, bisa memperbesar kemungkinan terjadinya ledakan pada smartphone tersebut.

2. Risiko Kebakaran
Sama halnya dengan ledakan, meningkatkan risiko kebakaran, karena smartphone akan lebih cepat memanas dan overheat terutama pada aktivitas yang terus menerus berat, seperti gaming, streaming video atau taking a stumble on media sosial yang memerlukan pengolahan recordsdata.

3. Risiko Kesehatan
Memainkan smartphone sambil mengecas bisa juga membahayakan kesehatan pengguna karena adanya sinyal elektromagnetik dan radiasi yang dihasilkan oleh smartphone. Terutama sinyal elektromagnetik memiliki kemampuan untuk mengubah kebiasaan biologis dari tubuh, sehingga bisa memperbesar risiko terkena berbagai penyakit.

4. Resiko Kerusakan Baterai
Baterai hariannya butuh waktu untuk memperbaiki proses kimianya (reka) dan faktornya juga meliputi suhu dan tekanan udara, selain itu penggunaan smartphone yang berlebihan saat diisi daya dapat meningkatkan risiko kerusakan pada baterai smartphone.

5. Penurunan Kinerja
Selain berbahaya bagi kesehatan, mengisi daya smartphone terus menerus saat sedang digunakan juga bisa mempengaruhi kinerja smartphone. Kinerja yang sempurna dapat hilang karena penggunaan smartphone yang terlalu sering dan diisi daya tanpa istirahat cukup.

6. Biaya yang Lebih Mahal
Penggunaan smartphone secara terus menerus saat diisi daya bisa menyebabkan cepat habisnya daya baterai, sehingga pengguna smartphone terpaksa sering membawa powerbank atau mengisi daya di tempat yang menyediakan colokan. Hal tersebut bisa saja menambah biaya penggunaan smartphone.

7. Resiko Pengisian Daya Sepanjang Waktu
Mengecas smartphone terus menerus di dalam keadaan yang panas bisa mengakibatkan kotak serangan dan kerusakan panas pada baterai smartphone. Semakin sering dipakai saat diisi daya, maka tingkat kesalahan pada baterai semakin besar, yang nantinya dapat merusak smartphone secara keseluruhan.

Dari ketujuan bahaya penggunaan smartphone saat diisi daya dan digunakan terus menerus, maka sebaiknya kita selalu bijak dalam menggunakan smartphone. Ada baiknya untuk menghindari aktivitas gaming atau streaming video saat mengisi daya. Jangan lupa untuk membuka casing atau tutup belakang smartphone saat diisi daya. Kita perlu juga untuk terus mengecek keadaan baterai tidak terlalu panas dan kerusakan atau penggantian baterai yang tepat waktu. Yang paling penting adalah tetap juga mengisi daya smartphone sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produsen untuk meminimalisir risiko yang ditimbulkan.

Demikian melejit maaf menjauh dari penggunaan smartphone yang kurang baik dapat menimbulkan dampak buruk bagi pengguna. Oleh karena itu, penting untuk membuat kesepakatan untuk mengabaikan penggunaan smartphone saat pengisian dan istirahat. Agar penggunaan smartphone tetap terkontrol dan kita tidak merasa kehilangan kendali terhadap jaringan cyber web dan media sosiall ketika smartphone sedang diisi daya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *