ads

Direktur CV Lorin Jayaprima Divonis 2 Tahun Bui di Kasus Tak Setorkan Pajak Rp6,6Miliar

Medan – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan hukuman selama 2 tahun penjara dan denda dua kali pajak pajak terutang yang tidak disetor yaitu senilai Rp13 miliar terhadap Direktur CV Lorin Jayaprima, Dermawati Turnip.

Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana perpajakan dengan sengaja tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan yang dilakukan melalui Wajib Pajak CV Lorin Jayaprima selama 2011 – 2014 sehingga menimbulkan kerugian pada pendapatan negara sebesar Rp6,6 miliar.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun dan pidana denda sejumlah dua kali pajak terhutang yang tidak disetor yaitu Rp13.261.880.072 subsider 1 bulan kurungan,” ucap majelis hakim Pengadilan Negeri Medan yang diketuai Hadi Nasution, Jumat (1/12).

Majelis Hakim menyatakan terdakwa melanggar Pasal 39 ayat (1) huruf c Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

“Menyatakan terdakwa Dermawati terbukti dengan sengaja tidak menyampaikan surat pemberitahuan sehingga menimbulkan kerugian pada pendapatan negara yang dilakukan terus menerus sebagai perbuatan yang dilanjutkan” sebagaimana dalam dakwaan tunggal. Menetapkan Terdakwa tetap berada dalam tahanan,” urainya.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I), Arridel Mindra mengatakan kasus ini menegaskan bahwa upaya untuk mencegah dan mengungkap pelanggaran perpajakan merupakan prioritas bagi DJP Sumut I dan aparat penegak hukum.

“Kami imbau kepada seluruh wajib pajak untuk menghindari praktik curang dan penggelapan pajak. Kanwil DJP Sumut I bersinergi dengan aparat penegak hukum, akan menindak tegas segala bentuk tindak pidana di bidang perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *