advertisement pasang iklan disini
MedanPeristiwa

H Anif, Ayahanda Wagub Musa Rajekshah Meninggal Dunia

Bagikan ke :

 

Deempatbelas.com Medan-Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali kehilangan salah seorang sosok terbaiknya. Seorang tokoh masyarakat H Anif Bin Gulrang Shah yang merupakan ayahanda dari Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah, meninggal dunia pada, Rabu (25/8/2021) pukul 04.15 WIB.

pasang iklan disini

H Anif sendiri menutup umur di usianya yang ke-82 tahun. Almarhum meninggalkan 9 orang anak, yakni Zainurah, Masturah, Chairunishah, Kahfilwara, Musa Ichwanshah, Dewi Pertiwi, Sri Rezeki, Musa Rajekshah dan Musa Idishah.

Kemudian meninggalkan 29 orang cucu, Nikita Zara Fatima, Laiza Novira Chadijah, Parisa Zainati Shams, Ahmad Roja, Muhammad Ikram Arifin, Muhammad Ramadhan Arifin, Masyitah Arifin, Musa Alexander Shah, Musa Akbar Shah, Musa Yazid (almarhum), Musa Iqbalshah Sitompul, Musa Alghifari, Musa Abrarshah Al-Mecca, Musa Daffashah.

Berikutnya Musa Gathfanshah, Misah, Allya Zakira Syahputra, Musa Sabilla Fadhillah Syahputra, Qiara Myshah Setyadji, Qalila Praya Setyadji, Musa Arjianshah, Putri Annisah Musarajekshah, Fakhira Nailashah, Musannifshah, Dindi Azakafaza, Adzra Adini Aliyya, Sayyidina Azzahra, Musa Albanshah dan Musa Aatifshah.

Selanjutnya 7 orang cicit, Lea, Diza, Sahira, Anif Mahmuda Alexandershah, Yazid Mahmuda Alexandershah, Musa Althabshah dan Nabila Anindya Akbarshah.

Terakhir 14 orang adik, yakni Sakina (almarhum), Jamilah (almarhum), Ahsyaniah Esan, Rahmat Shah, Barkat Shah (almarhum), Hasanah, Rahmaniah, Rahimah, Masiha, Ajib Shah, Mahreban Shah, Kodrat Shah, Nina Anuara dan Anuar Shah (almarhum).

Wagub Sumut Musa Rajekshah mengatakan, rencananya sang ayah akan dikebumikan di halaman Masjid Al Musanif, Cemara Asri, Ba’da Dzuhur siang nanti. Dia pun memohon maaf, jika sang ayah pernah berbuat salah dan khilaf semasa hidupnya.

“Mohon dimaafkan salah dan khilaf almarhum ayahanda kami,” katanya.

Musa Rajekshah pun mendoakan, semoga Allah SWT mengampuni dosa almarhum ayahanda tercinta, diterima seluruh amal ibadah dan kebaikannya, diringankan yaumul hisab nya, dilimpahkan keberkahan kepadanya, serta diterangkan dan dilapangkan kuburnya.

“Semoga Allah SWT menempatkan almarhum di tempat terbaik di surgaNya kelak, Aamiin YRA. Insyaa Allah husnul khotimah,” tuturnya.

Sebelum dikebumikan, H Anif disemayamkan di rumah pribadi di Jalan Tembakau Deli, Medan. Sejumlah keluarga, kerabat termasuk Gubernur Sumut Edy Rahmayadi datang ke rumah duka.

H Anif sendiri lahir pada 23 Maret 1939 lampau di Perlanaan, Bandar, Kabupaten Simalungun. Semasa hidup, H Anif pernah bekerja sebagai Komisaris Utama PT Anugerah Langkat Makmur & Group, Presiden Komisaris PT Kurnia Sampali Asri dan Pembina Yayasan H Anif.

Di Perbakin, H Anif pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Buru pada tahun 1980-1983. Kemudian menjabat Ketua Harian PENGDA Perbakin Sumut pada tahun 1983-2010 dan Penasihat Pengurus pada tahun 2011-2015.

Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Medan, H Anif menjabat sebagai Ketua Dewan Penyantun sejak 2008 hingga sekarang. Lalu di Gabungan Karya Pembangunan Indonesia (GAPKI) Sumut almarhum menjabat sebagai Ketua sejak 1987 sampai sekarang.

Tak sampai di situ, di Majelis Pimpinan Organisasi Pemuda Pancasila (PP) Pusat, beliau pernah menjabat sebagai Anggota Majelis pada 2009 sampai 2014. Berikutnya di Yayasan H Anif (YHA), almarhum menduduki jabatan sebagai Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Indonesia mulai 2005 hingga sekarang.

Selanjutnya, di Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Sumut, H Anif menjabat sebagai pelindung/pembina pada masa bakti 2012 hingga 2015. Terakhir almarhum juga aktif di Yayasan Keluarga Pakistan Afghan India Muslim (YAKPAIMI).

Semasa hidupnya, H Anif juga sampai 67 kali menerima penghargaan dari berbagai pihak. Diantaranya, piagam penghargaan Anugerah Tanda Mitra dari Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Pancasila, piagam penghargaan dari panitia HUT LVRI ke XXXI dan HUT PPM ke VII se Dati-I Provinsi Sumut di Pangkalan Brandan pada 13 Februari 1988.

Selanjutnya piagam penghargaan dari Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Pancasila atas bantuan dan partisipasinya dalam Musyawarah Pimpinan Paripurna Se Indonesia di Medan yang diselenggarakan pada 22/25 Agustus 1988. Piagam penghargaan dari Dewan Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Sumut atas bantuan dan partisipasinya mensukseskan Musyawarah ke tahun 1989.

Piagam penghargaan juga diberikan oleh pengurus anak cabang Pemuda Pancasila kecamatan Medan Barat atas partisipasinya sebagai dermawan pada 10 Januari 1990. Piagam penghargaan dari Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kodya Medan atas bantuan dan partisipasinya mensukseskan pelaksanaan Musyawarah Cabang – X pada 22-24 Februari 1991.

Penghargaan kepada H Anif sebagai participant dalam safari wisata buru Gubsu Cup IV pada 14-18 September 1994 di Tapanuli Selatan. Primakarya Dharma Award 1999 juga diberikan kepadanya atas lambang prestasi kerja dan kepedulian terhadap Sumber Daya Manusia, Kelestarian Lingkungan dan Kesosialan Kemasyarakatan Tingkat Nasional.

Tak sampai di situ, H Anif juga pernah memperoleh predikat The Best Executive Award Insan Pejuang Demi Bangsa Menuju Milenium III tahun 1990-2000. Penghargaan lainnya juga diberikan dalam kegiatan ulang tahun Emas Universitas Sumut sebagai donatur.

Piagam penghargaan pada turnamen Golf Piala Proklamasi I tahun 1994 di Sei Karang oleh Bupati Deliserdang H Maymaran NS juga pernah diberikan padanya. Begitu juga Piagam penghargaan pada safari wisata buru dalam Hari Bhayangkara ke-48.

Berikutnya, Piagam penghargaan Anugerah Speed Of Road tanggal 18 Desember 1994, piagam penghargaan dari Pemuda Pancasila Marga Kabupaten Langkat atas bantuan dan partisipasi pada lomba Napak Tilas Juang 45 tahun 1994.

Selanjutnya penghargaan dari Bupati Deliserdang dalam turnamen golf Piala Proklamasi I tahun 1994. Piagam penghargaan dari Bakom Yon Kav 6/Serbu pada 24 Mei 1995.

Piagam penghargaan pada WPT Golf Turnamen di Medan pada 6 Agustus 1995, piagam penghargaan dari Langkat atas pelunasan pembayaran pajak bumi dan bangunan yang tepat di Stabat pada Agustus 1995. Ucapan terimakasih dan Piagam penghargaan atas peran dan dan kerjasama H Anif dalam membantu selama bertugas Pangdam I/BB Mayjen TNI Ari J Kumaat pada September 1995.

Piagam penghargaan pada lelang kepedulian Marsipature Hutanabe pada 13 September 1995 oleh Gubsu Raja Inal Siregar, piagam penghargaan pesta sepeda RBI 95 pada 8 Oktober 1995, piagam penghargaan uji kemahiran menembak pemburu dari Polda Sumut lulus dengan klasifikasi I pada 19-21 Oktober 1995.

Piagam penghargaan dari Yayasan Pendidikan Marsipature Hutanabe atas partisipasi pembangunan SMA unggulan Tapanuli Selatan, Sipirok oleh Raja Inal Siregar pada November 1995. Piagam penghargaan dari PMII atas partisipasi sebagai donatur study bela negara pendidikan kader lanjutan tingkat nasional pada 5 – 18 November 1995 oleh Mayjen TNI Soedaryanto.

Piagam penghargaan dari Gubsu sebagai penangkar satwa-satwa yang dilindungi se Sumut pada 29 November 1995. Piagam penghargaan Gubernur KDH tingkat I Sumut atas partisipasi H Anif mengentaskan keluarga pra sejahtera melalui lelang.

Piagam penghargaan pada MTQ ke XXVI tingkat Provinsi Sumut di Gunung Sitoli pada 10-17 Januari 1996 oleh Raja Inal Siregar, piagam penghargaan dari Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) Sumut atas dukungan moril dan materil H Anif di pelaksanaan HUT ke 50 SPS pada 8 Juni 1996.

Piagam penghargaan dari Dewan Pusat Golkar Jakarta sebagai juru kampanye tingkat nasional pada 24 Juni 1997. Piagam penghargaan dari kelabu superbikers Malaysia atas partisipasi H Anif dalam Java Sumatera adventure 97 pada 3-16 Juli 1997.

Selanjutnya piagam penghargaan dari BAPEBTI pada 30 September 1998. Anugerah penghargaan lambang supremasi tertinggi The Best Executive Award Prestasi Nyata Sumber Daya Manusia tahun 1998-1999 tingkat nasional karena terpilih sebagai tokoh nasional berprestasi pada negara dan bangsa di era reformasi oleh Yayasan Pengabdi & Mitra Perjuangan Reformasi Pusat Jakarta.

H Anif juga mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa (DR HC) yang diberikan oleh Jakarta Institut Of Management Studies (JIMS) yang mendapatkan akreditasi penuh dari World Association Of Universities and Colleges (WAUC) pada 21 Desember 1997 di Pan Pacific Hotel Singapore.

Piagam Anugerah Pers sebagai tanda penghormatan atas darmabakti, pengabdian, kepedulian & perhatian tulus terhadap kemajuan serta perkembangan pers, sehingga untuk mengenang jasa-jasa tersebut Anugerah Pers diberikan kepada H Anif pada 26 April 2000.

Ucapan terimakasih juga diberikan kepadanya karena secara aktif membantu baik moril dan materil terhadap BPOC Sumut pada 24 April 2000. Piagam penghargaan MURI dianugerahkan kepada H Anif sebagai pembudidayawan pertama bunga bangkai di Indonesia di Semarang pada 20 Juni 2002.

Piagam penghargaan dalam rangka Hari Olahraga Nasional XX tahun 2003 Gubsu kepada H Anif sebagai penggerak Olahraga di Komplek Camara Asri pada 9 September 2003. Lalu penghargaan Bhakti Koperasi dan Pengusaha Kecil dan Menengah tingkat nasional apda 10 Juni 2003 oleh Menteri Koperasi dan UMKM.

Tak sampai disitu, H Anif juga pernah mendapatkan Certificate ASEAN Best Economic Awards 2003-2004 sebagai Dirut Of PT Anugerah Langkat Makmur. Le Meridien pada 3 Oktober 2003.

Piagam penghargaan Menteri Koperasi UMKM karena berhasil dalam membina dan mengembangkan Koperasi dan UMKM di Jakarta pada 10 Juni 2003. Piagam Penghargaan dari ASEAN INFO SARANA has awrded the Indonesian Best Executive 2005 di Jakarta pada 27 Mei 2005.

Kemudian pagam Penghargaan dari “Anagerah Pers” kepada HAnif atas darma bhakti, pengabdian, kepedulian dan perhatian tulus terhadap kemajuan dan perkembangan pers di Medan pada 26 April 2000. Piagam Penghargaan dari Djarum Super Anugerah Otomotif Sumut 2002 kategori Pengusaha Peduli Perkembangan & Pembinaan Otomotif Sumut.

Piagam Penghargaan Persatuan Olah Raga Permapasan Indonesia (PORPI) SUMUT atas peran serta bimbingan & partisipasi H Anif menunjang program PORPI SUMUT selama di Medan pada 27 Januari 2002.

Penghargaan lainnya dari “Asian Best Economic Executif Awads 2003-2004″ kepada H Anif sebagai Dirut Of PT Anugerah Langkat Makmur, Medan. Certificate award kepada H Anif (Direktur Utama & Group Sumatera Utara) Grace Reward To Receive” The Most Briliant Person In ASEAN 2004″.

Piagam Penghargaan dari Klub Bola Basket Cemara Asri Sebagai Pembina Klub pada Masa Bakti 2006 2008 di Hotel Polonia Medan tanggal 4 Februari 2006. Piagam Penghargaan dalam rangka peringatan Hari Olah Raga Nasional ( HAORNAS ) XXIV Tahun 2007 oleh MENPORA kepada H Anif sebagai penggerak Olah Raga di Tenis Indoor Gelora Bung Karno Jakarta pada 9 Sepember 2007.

Penghargaan Hayati Award juga diberikan kepadanya sebagai Pengusaha Peduli Lingkungan karena perhatian, komitmen dan kepedulian terhadap pengendalian kerusakan lingkungan Hidup Tanggal 21 Juni 2007 oleh Hayati Foundation. Piagam Penghargaan “Anugerah Otomotif Sumatera Utara 2007” dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai Penggerak Olahraga Otomotif di Medan 28 November 2007.

Ucapan terima kasih diberikan kepada H Anif sebagai donator dalam kegiatan Rakernas IX yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNIMED periode 2006 2007 pada tanggal 29 – 31 Januari 2007. Ucapan terimakasih diberikan atas partisipasinya sebagai peserta seminar dan diskusi kader anti Narkoba dan HIV/AIDS.

H Anif juga mendapatkan piagam penghargaan lomba pengetahuan lingkuang Hidup Tingkat SD/SLTP 2009 & Jambore November 2009 sebagai sponsorship. Piagam Penghargaan dan ucapan terimakasih kepada H Anif sebagai sponsor dalam acara lomba nyanyi bintang karoke pop mandarin pada tahun baru Imlek 2560/2009 peduli korban gempa Papua Barat memperebutkan Piala Gubernur DKI Jakarta.

Piagam penghargaan tanda mitra juga didapatkannya atas kesetiaan H Anif kepada organisasi Pemuda Pancasila di Jakarta, 21 Februari 2009. Piagam Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Langkat atas partisipasinya memberikan sumbangan bibit pohon untuk penghijauan dalam rangka peringatan Hari Lingkuangan Hidup tahun 2010 oleh Bupati Langkat.

Selanjutnya piagam penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup kepada atas partisipasi H Anif sebagai donor bibit pohon dalam upaya pemberdayaan masyarakat pedesaan oleh Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkuangan dan Pembedayaan Masyarakat Drs Sudariyono.

Piagam penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup sebagai “Kader Lingkungan” untuk meningkatkan peran masyarakat pedesaan dalam pengelolaan lingkuangan hidup oleh Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pembedayaan Masyarakat Drs Sudariyono.

Piagam Penghargaan lain diberikan ANTARA Kantor Berita Indonesia sebagai Motivator Pembangunan Sosial Kemasyarakatan Tahun 2010. Piagam Penghormatan dari Fakultas Ekonomi USU dalam rangka merayakan ulang tahun emas pada 24 Nopember 2011 berupa piagam penghormatan atas peran dan jasa H Anif dalam pembangnan ekonomi Sumut yang mendorong kemajuan Fakultas Ekonomi Tahun 2011.

Terkahir, piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) dianugerahkan kepada H Anif sebagai individu yang merayakan ulang tahun (milad) dengan menyelenggarakan MTQ dengan jumlah peserta terbanyak pada Maret 2020. (IM)

Show More

admin

Deempatbelas.com merupakan salah satu media online di Kota Medan yang beralamatkan di Jalan Armada No.14 Kecamatan Medan Kota. Medan, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button