advertisement pasang iklan disini
BeritaMedanNewsSumutUncategorized

Hari Hutan dan Air Sedunia Kampanyekan Penyelamatan Alam Dengan Seni Mural

Bagikan ke :

Deempatbelas,com,medan Memperingati Hari Hutan Internasional yang jatuh pada Senin (21/3) dan Hari Air Internasional pada Selasa (22/3), Komunitas Kampung Sendiri Lestari bersama sejumlah elemen mengkampanyekan penyelamatan alam melalui karya seni mural.

Karya seni lukis tersebut digambar pada sisi tembok lahan kosong yang berada di kawasan Bundaran Sib, Jalan Gatot Subroto, Medan.

pasang iklan disini

Koordinator Kampung Sendiri Lestari, Bobi Septian menyampaikan, kegiatan mural ini akan dilaksanakan selama empat hari, sejak Minggu (20/3). Kegiatan juga dibarengi denhan pameran foto dan produk hasil daur ulang, musik, teater, nonton bareng film lingkungan dan juga talkshow yang rencananya dihadiri Walikota Medan Bobby Nasution, pada Selasa (22/3) sore.

“Kegiatan ini sebagai program edukasi dari Kampung Sendiri Lestari melalui kampanye. Kenapa kita pilih mural, karena mural adalah karya seni yang bisa menampilkan pesan, di mana permasalahan lingkungan di Indonesia adalah disforestasi dan terkait perburuan hewan dilindungi,” ungkapnya disela pembuatan mural, Senin (21/3).

Bobi menjelaskan, adapun gambar yang ditampilkan pada mural tersebut, antara lain pohon besar, burung rangkong, orang utan, harimau hingga trenggiling. Hewan-hewan tersebut, menurut Bobi merupakan hewan yang sering diperdagangkan secara ilegal padahal sangat berperan di kawasan hutan.

Bobi juga mengaku, kegiatan yang mereka lakukan ini sangat banyak mendapatkan support dari masyarakat, NGO dan mahasiswa. Menurutnya dukungan yang mereka dapatkan tersebut menandakan banyaknya warga Medan yang masih peduli dengan kelestarian lingkungan dan alam.

“Salah satu contoh nyata kerusakan hutan dan global warming juga terjadi di Kota Medan. Misalnya hujan yang tidak bisa diprediksi dan juga banjir. Makanya kalau kita tidak menyuarakan tentabg elestarian hutan dan lingkungan dampaknya ke depan mungkin Medan akan semakin parah dan Sumut bisa kehilangan hutan yg sangat besar,” pungkasnya.

Sementara itu, Sebastian Keilholz dari lembaga Project Wings yang turut terlibat pembuatan mural ini mengatakan, pentingnya kampanye ini karena siapapun di dunia termasuk hewan berhak untuk hidup di planet ini. Karena, menurut pria asal Jerman ini, manusia, hewan dan tumbuhan sebenarnya adalah satu kesatuan untuk hidup berkelanjutan di masa depan.

“Kita hidup di planet yang sama. Tapi keadaan sekarang kita melihat hewan dan tumbuhan banyak mengalami kepunahan. Jadi diharapkan dengan adanya kampanye ini, nanti kita bisa hidup berkelanjutan karena kita masih muda untuk masa depan yang lebih panjang,” tandasnya.

Show More

admin

Deempatbelas.com merupakan salah satu media online di Kota Medan yang beralamatkan di Jalan Armada No.14 Kecamatan Medan Kota. Medan, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button