advertisement pasang iklan disini
BeritaHomeMedanNews

Kejari Padangsidimpuan Hentikan Penuntutan Parsaulian Harahap dengan Keadilan Restoratif

Bagikan ke :

Deempatbelas.com,MEDAN-Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Jasmin Manullang, SH, MH beserta Jaksa Penuntut Umum Irvino Rangkuti, SH, MH dan Sri Mulyati Saragih, SH, MH telah melakukan ekspose (gelar perkara) tindak pidana umum dengan pendekatan Restorative Justice secara online kepada JAM-Pidum Dr. Fadil Zumhana, SH, MH, Kamis (30/6/2022) lalu.

Menurut Kasi Penkum Kejati Sumut Yos A Tarigan,SH,MH saat dikonfirmasi Rabu (6/7/2022) membenarkan bahwa ekspose (gelar perkara) tindak pidana tersebut berkaitan dengan kasus Laka Lantas dengan tersangka Parsaulian Harahap yang dipersangkakan dengan pasal 310 ayat (2) UU RI No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

pasang iklan disini

“Jampium Dr. Fadil Zumhana, SH, MH menyetujui tindak pidana tersebut untuk dihentikan dengan pendekatan Restorative Justice,” papar Yos.

Ekspose perkara yang digelar secara daring juga diikuti Kajati Sumut Idianto,SH,MH didampingi Wakajati Edyward Kaban,SH,MH, Aspidum Arip Zahrulyani, SH, MH, lalu Koordinator bidang Pidum Gunwan W. Murdiyanto, SH, MH serta Kasi Terorisme dan Lintas Negara Yusnar Yusuf, SH, MH.

Alasan dilakukannya penghentian penuntutan terhadap Parsaulian Harahap, karena antara pelaku dan korban sudah berdamai, saling memaafkan. Korban telah memaafkan tersangka dan dilakukan perdamaian tanpa syarat disaksikan penyidik, tokoh masyarakat dan keluarga.

Penghentian penuntutan dengan penerapan restorative justice ini, kata Yos A Tarigan juga berpedoman pada Peraturan Jaksa Agung No 15 Tahun 2020, yaitu tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana, jumlah kerugian di bawah dua setengah juta rupiah, ancaman hukuman di bawah 5 tahun penjara, adanya perdamaian antara tersangka dengan korban dan direspons positif oleh keluarga.

“Pelaksanaan RJ ini juga bertujuan untuk mengembalikan keadaan kepada keadaan semula dan tersangka menyesali perbuatannya serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi,” tandasnya.

Show More

admin

Deempatbelas.com merupakan salah satu media online di Kota Medan yang beralamatkan di Jalan Armada No.14 Kecamatan Medan Kota. Medan, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button