ads

Mahasiswa Dan Pemuda Bersama Para Tokoh Samosir Sepakat Menjaga Kondusifitas Pilkada Berjalan Aman dan Damai

Samosir – Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Samosir menggelar kegiatan diskusi Pilkada Damai 2024 di Kota Pangururan, Samosir Kamis 23 mei 2024, dengan “Tema Peran Pemuda dan Mahasiwa Dalam Mendukung Tahapan Pilkada Secara Kamtibmas dan Kondusif.

Diskusi tersebut di hadiri Ketua bersama Sekretaris dan jajaran kepengurusan Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Samosir, Badan Pengawas Pemilu, Tokoh Masyarakat dan Pemuda serta masyarakat.

Ketua Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Samosir, Friston Simalango dalam diskusi menyampaikan secara langsung ajakan dan seruan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya kaum muda Kabupaten Samosir agar ikut dan terlibat dalam menyukseskan pilkada serentak pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota Tahun 2024 mendatang dengan aman dan sejuk.

Ketua Bawaslu Samosir, Robinson Simarmata, mengajak seluruh peserta yang hadir terutama anak muda agar mau bersama-sama mengawasi penyelenggaraan pilkada mulai dari proses tahapan sampai pemilihan, dan terutama berperan aktip mengawasi sehingga kecurangan tidak terjadi dan partisipasi pemilih terpenuhi.

“Bawaslu memegang peran penting sesuai dengan Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017, yakni dalam pengawasan, pencegahan, dan penindakan. Fungsi pencegahan meliputi sosialisasi pengawasan partisipatif, dengan tujuan agar masyarakat tidak hanya terlibat dalam meningkatkan persentase kehadiran saat pencoblosan. Bahkan juga aktif dalam mengawasi seluruh tahapan pemilihan, mulai dari awal,” ungkapnya.

Ia menambah, anak-anak muda di Kabupaten Samosir juga memiliki peran penting terutama mengajak semua lapisan masyarakat agar mendukung dan menggunakan hak pilihnya pada November 2024 dengan harapan pilkada sukses.

“Tentunya peran anak muda sangatlah penting untuk mensukseskan pilkada 2024 dengan harapan seluruhnya dapat berjalan dengan baik, aman, damai dan kondusif serta partisipasi pemilih meningkat. “Ucapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Samosir, Obet Naibaho menyebutkan, pemilu presiden dan pemilihan legislatif tahun 2024 baru saja usai, dan ditahun yang sama akan digelar pemilihan kepada daerah serentak pada bulan November mendatang sehingga pentingnya peran aktip dari semua masyarakat khususnya di Kabupaten Samosir untuk mensukseskan pesta demokrasi memilih pemimpin lima tahun kedepan.

“Kita berharap dalam pilkada nanti tidak ada lagi saling bermusuhan meski berbeda pilihan pada pilpres kemarin, namun mari bersama kita sukseskan dan menatap masa depan untuk memilih siapa yang layak dan pantas memimpin Kabupaten Samosir kedepannya lebih baik terutama mensejahterakan rakyat nya. “Kata Obet Naibaho sekaligus sebagai penutup kegiatan diskusi tersebut.

Usai kegiatan diskusi kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan menyampaikan deklarasi pemilu damai yaitu bersama seluruh element masyarakat Samosir sepakat siap mensukseskan Pilkada yang Damai dan Kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *