ads

Tips Mengelola Keuangan Menjelang Hari Lebaran


Bagaimana cara mengatur anggaran untuk belanja kebutuhan Lebaran agar tidak melebihi budget?

1. Mulailah dengan mendefinisikan tujuan keuangan Anda. Tentukan jumlah dana yang ingin Anda cairkan untuk berbelanja lebaran dan berapa yang akan Anda simpan. Ini akan membantu Anda menentukan berapa banyak yang harus Anda lambat kuala sebelum hari raya tiba.

2. Siapkan dana cadangan. Jika Anda berencana untuk berbelanja lebaran, siapkan dana dengan jumlah yang cukup untuk jaga-jaga. Jika Anda hanya punya sedikit untuk belanja, pastikan Anda membantu orang lain atau mengikuti acara gratis untuk merayakan lebaran dengan tetap dapat menjaga keuangan Anda tetap sehat.

3. Hindari menggunakan kartu kredit. Terutama jangan menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran yang tidak perlu. Dengan uang tunai, Anda dapat mengendalikan pengeluaran Anda dan mengidentifikasi secara langsung berapa banyak yang dapat Anda habiskan.

4. Carilah cara untuk menghasilkan uang tambahan. Lakukan pekerjaan paruh waktu atau berjualan online sebelum musim lebaran tiba. Hal ini akan membantu Anda Untuk memiliki lebih banyak uang untuk berbelanja selama musim lebaran.

5. Ciptakan anggaran dan ikuti itu. Buatlah daftar pembelian dan pastikan Anda mematuhi anggarannya agar tidak berlebihan dalam pengeluaran. Pembelian impulsif dapat menghancurkan keuangan Anda. Selalu ingat bahwa uang yang tersisa setelahnya untuk biaya hidup jelang lebaran.

6. Manfaatkan diskon dan penawaran. Lakukan penelitian online untuk mendapatkan diskon dan penawaran. Hal ini akan membantu Anda menghemat uang saat berbelanja dan menambah anggaran Anda untuk musim lebaran.

7. Anda juga dapat mencari cara lain, seperti jual beli second-hand atau berbelanja di pasar malam, untuk menghemat uang Anda. Carilah barang-barang murah yang masih dalam kondisi baik seperti kue, atau jual-beli barang-barang tak terpakai di rumah. Dengan begitu, Anda dapat menghemat uang yang akan Anda habiskan untuk hadiah Lebaran.

8. Berinvestasilah. Jangan menyimpan uang Anda di bank dan terus menerus mengalami penyusutan. Berinvestasilah dengan produk keuangan yang mirip dengan deposito atau reksadana indeks yang sedang populer. Manfaatkan produk ini untuk menaikkan nilai uang Anda tanpa resiko terlalu tinggi.

9. Jangan lupa untuk membayar uang lunak di tempat Anda kerja secara tepat waktu. Jika Anda bekerja sebagai pekerja migran, pastikan Anda membayar pajak dan menyimpan surat keterangan pajak Internasional (SIPI) dari setiap negara tempat Anda mencari nafkah.

10. Jangan lupa untuk mengambil beristirahat. Jangan terpaku di depan layar laptop Anda atau di jalan di saat semua orang sibuk berbelanja. Ambil waktu untuk beristirahat dan bersantai sebelum hari lebaran tiba. Ini akan membantu Anda mempertahankan perencanaan keuangan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *