ads

Yuki Tsunoda Tak Terima Dapat Penalti di GP Spanyol


Apa alasan Yuki Tsunoda merasa tidak puas dengan penalti yang dia terima di GP Spanyol?

Yuki Tsunoda, pembalap F1 rookie asal Jepang yang membela tim AlphaTauri, tak terima dengan keputusan panitia balap yang memberikan penalti padanya di Grand Prix Spanyol. Keputusan itu dianggap membuat peluang Tsunoda untuk meraih poin terhambat.

Penalti itu diberikan kepada Tsunoda pada putaran ke-6 karena dianggap melakukan pelanggaran saat berlomba dengan pembalap Alpine, Esteban Ocon. Tsunoda diduga mengabaikan rambu-rambu yang memberikan instruksi kepada para pembalap untuk menjaga jarak satu detik dari mobil di depannya jika terjadi situasi virtual safety car.

Meski awalnya terlihat keberatan dengan keputusan tersebut, Tsunoda kemudian memutuskan untuk fokus untuk mengakhiri balapan dengan baik. Dia berhasil finis di urutan ke-15 yang dianggap menjadi capaiannya dalam dua balapan terakhir yang kurang beruntung untuknya.

Namun, Tsunoda tak bisa menahan rasa kecewa dan frustasinya terhadap keputusan tersebut. Dia menganggap bahwa panitia balap tidak memberikan klarifikasi yang cukup terkait keputusan itu.

“Tentu saja, saya sangat kecewa dengan penalti yang saya dapatkan di GP Spanyol. Saya merasa bahwa keputusan saya kemarin cukup diklarifikasi dengan baik,” kata Tsunoda.

“Tetapi kesan saya yaitu penalti ini terlalu berlebihan. Panitia balap harusnya memberikan klarifikasi yang lebih baik agar kami para pembalap bisa memahami dengan jelas tentang keputusan tersebut,” tambahnya.

Ini adalah pertama kalinya Tsunoda mendapat penalti dalam karirnya di F1. Meski begitu, dia tidak menampik bahwa pembelajaran terus berlangsung bagi dirinya sendiri dan tim AlphaTauri.

“Saya tahu bahwa saya masih harus banyak belajar. Bagi saya, ini adalah pembelajaran yang berharga dan saya akan bekerja dengan lebih keras di masa depan,” ujarnya.

Meski belum ada kabar pasti mengenai apakah Tsunoda akan mengajukan banding terkait keputusan itu, namun hal tersebut menjadi opsi yang bisa diambil olehnya dan tim AlphaTauri. Tujuannya untuk mencari keadilan terkait keputusan panitia balap.

Sementara itu, pembalap senior dari tim AlphaTauri, Pierre Gasly, juga menyatakan dukungannya terhadap Yuki Tsunoda. Gasly menganggap bahwa penalti yang diberikan terlalu berlebihan dan harusnya tidak memberikan dampak yang besar bagi hasil akhir balapan.

“Saya melihat insiden itu dan menurut saya, Yuki (Tsunoda) tidak melakukan kesalahan yang besar. Dia mengikuti instruksi dengan benar dan saya rasa tidak ada hal yang berlebihan dalam insiden tersebut,” ujar Gasly.

“Saya berharap kami bisa bekerja sama sebagai tim untuk memastikan keputusan ini akan lebih jelas dan adil bagi para pembalap di masa depan,” tutupnya.

Keberpihakan dari Gasly tentu saja diharapkan bisa memberikan dukungan moral bagi Tsunoda. Selain itu, dukungan tersebut juga bisa memberikan efek positif bagi tim AlphaTauri untuk bisa mencetak hasil yang lebih baik pada balapan berikutnya.

Meski mengalami kekecewaan dan tantangan dalam karirnya, Tsunoda berusaha untuk selalu terus belajar dan mencetak hasil terbaik. Dia berharap dukungan dari tim dan fans-nya bisa membantunya meraih kesuksesan dalam karirnya di dunia balap F1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *