advertisement pasang iklan disini
Batubara

Ketua TP PKK Batu Bara Tinjau Kegiatan Vaksinasi Pertama Ibu Hamil di Puskesmas Lima Puluh

Bagikan ke :

Deempatbelas.com,Batubara –Menindaklanjuti zoom meeting yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Batubara, Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara lakukan Pencanangan Vaksinasi bagi ibu hamil di Halaman Puskesmas Lima Puluh. Kamis, (02/09/21).

Pencanangan Vaksinasi ibu hamil ini Dinas Kesehatan gandeng Puskesmas Lima Puluh dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Batubara untuk bekerjasama mensukseskan program tersebut.

pasang iklan disini

Selain di Puskesmas Lima Puluh Vaksinasi ini pula nantinya akan dilaksanakan di setiap sarana pelayanan masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Batubara dengan sasaran inti ibu hamil dengan usia kehamilan empat bulanan.

Ketua TP PKK Batu Bara Maya Indriasari Zahir mengatakan kegiatan Vaksinasi covid-19 ibu hamil Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara. Nantinya setelah di vaksin diberikan paketnya berupa biskuit, susu dan juga multi vitamin tablet penambah darah.

“Setelah kami melaksanakan kegiatan sosialisasi vaksinasi bersama dinas kesehatan bahwa vaksinasi ini aman untuk ibu hamil. “Kata Maya.

Kepala Dinas Kesehatan Batubara drg. Wahid Khusyairi, MM saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa, untuk memperluas dan mendekatkan jangkau pelayanan terhadap ibu hamil Dinkes Kabupaten Batubara akan merevitalisasi Rumah Singgah Ibu Hamil yang akan diadakan di setiap Desa/Kelurahan se-Kabupaten Batubara.

Diharapkan dengan adanya Rumah Singgah ini kita dapat memastikan bahwa ibu hamil di setiap desa sudah mendapat vaksin Covid-19, dan menjelang kelahiran bayinya (14-20 hari TTP).

“Kita lakukan Skrening dengan melakukan Rapid Test Antigen sehingga sejak dini kita sudah mengetahui keadaan ibu hamil dan mempersiapkan kondisi kesehatannya menjelang melahirkan,”kata Wahid.

Pada pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil Kabid Kesehatan Masyarakat Abdul Fuad Helmi SKM. M. Kes mengatakan bahwa, untuk pencegahan Covid-19 bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk vaksinasi.

“Mudah-mudahan saja dengan vaksinasi ibu hamil ini, kekebalan kelompok untuk pencegahan Covid bisa cepat terbentuk. Sehingga kita akan segera terbebas dari Covid-19,” harapnya.

Sementara itu yang mengikuti vaksinasi ibu hamil, pada tahap awal ini diperhitungkan sebanyak 50 orang.

“Jadi pelayanan ini akan terus berjalan seiring dengan waktu kehamilannya, dan apabila awalnya ibu hamil ini sudah di vaksin sebanyak dua dosis maka tidak akan divaksin lagi,” urainya.

Disela vaksinasi, Abdi Fuad didampingi Kepala Seksi Kesehatan Gizi Dinas Kesehatan Batubara beserta Kepala UPT Puskesmas Lima Puluh dr. Dina tak lupa memberikan arahan terhadap personil Gugus Tugas Covid-19 dan Nakes yang bertugas agar tetap semangat dalam menjalankan aktivitas.

“Kita juga berterima kasih kepada Ibu TP PKK Batubara yang sudah memfasilitasi dan ikut serta memobilisasi ibu hamil sebagai dukungan agar ibu hamil mengikuti Vaksinasi ini,” katanya.

Giat Vaksinasi ini pula juga sesuai berdasarkan Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan terkait vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut kepala puskesmas lima puluh Dr.Dina Novinda, Camat lima puluh Adri Aulia Harahap, Sekretaris Dinas Kesehatan Dr.Deny Syahputra, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Budianto.S.sos.
(Helmi).

Show More

admin

Deempatbelas.com merupakan salah satu media online di Kota Medan yang beralamatkan di Jalan Armada No.14 Kecamatan Medan Kota. Medan, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button