advertisement pasang iklan disini
BeritaNews

Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) Deli Serdang Gelar Deklarasi Dukungan kepada Jokowi, Gandeng Kelompok Tani, Komunitas Ojol, Hingga Mahasiswa

Bagikan ke :

Deempatbelas.com Koordinator KOBAR Sumatera Utara, Swangro Lumbanbatu menyampaikan setelah melakukan beberapa deklarasi di minggu lalu, KOBAR kembali akan melakukan deklarasi selama satu minggu ke depan di beberapa kabupaten/kota antara lain di Deli Serdang, Tapanuli Utara, Dairi, Humbang Hasundutan, dan Simalungun.

Deklarasi yang dilakukan Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) di berbagai daerah bertujuan untuk menarik aspirasi terkait kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

pasang iklan disini

“Salah satu yang menjadi poin deklarasi KOBAR adalah meminta MPR RI untuk mendengar aspirasi rakyat serta melakukan pembahasan amandemen UUD 1945 terkait periodisasi Presiden yang selama ini dibatasi hanya dua periode, menjadi tiga periode,” kata Swangro, Rabu, 17 Maret 2022.

Dalam orasi politiknya, Swangro mengajak semua peserta deklarasi agar terus menyuarakan dukungan untuk Jokowi kepada tetangga ataupun keluarga, serta melalui media sosial masing-masing.

“Jokowi telah bekerja keras memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara ini. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mendukung Pak Jokowi. Kita harus sebarluaskan aspirasi ini. Kita minta kepada para wakil rakyat dari DPR dan DPD RI agar mereka memperjuangkan keinginan rakyat untuk Jokowi satu periode lagi,” tuturnya.

Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) Deli Serdang menggelar deklarasi dukungan #2024SetiaBersamaJokowi di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang. Hadir Deklarator Nasional KOBAR, Sahat Martin Philip Sinurat dan Arnold L Panjaitan, Koordinator KOBAR Sumut Swangro Lumbanbatu, serta Ketua KOBAR Deli Serdang, Nikodemus Sihotang.

Deklarator Nasional KOBAR Sahat Martin Philip Sinurat mengatakan bahwa wacana terkait Jokowi tiga periode adalah aspirasi rakyat. Usulan itu sah dan tidak boleh dikatakan melanggar konstitusi.

“Yang dikategorikan melanggar konstitusi itu ketika dengan UUD kita yang masih berlaku sekarang, Pak Jokowi maju lagi untuk periode ketiga, itu baru salah. Namun jika kita masih sebatas mengusulkan untuk dilakukan amandemen UUD 1945, itu sah-sah saja dan tidak melanggar Konstitusi,” ujarnya.

Menurut Sahat, pengusulan Jokowi untuk menjadi Presiden satu periode lagi tidak bisa disamakan oleh segelintir pihak sebagai upaya untuk kembali ke masa Orde Baru.

“Jelas sangat berbeda. Kalau zaman Orde Baru, jika ada masyarakat yang bersuara melawan Pemerintah, beberapa waktu kemudian pasti sudah hilang. Zaman sekarang, Pak Jokowi berkali-kali dihina dirinya ataupun keluarganya, beliau tidak mempersoalkan,” ujar Sahat.

Selain itu, lanjut Sahat, saat ini akses informasi sudah terbuka. Jika ada laporan dari masyarakat terkait adanya oknum pemerintah atau aparat penegak hukum yang bertindak semena-mena, dengan segera langsung diberikan sanksi ataupun diproses hukum.

Sahat juga menjelaskan bahwa di masa Orde Baru, Presiden dipilih oleh para anggota MPR. Artinya suara rakyat untuk memilih Presiden masih diwakili oleh MPR.

“Namun saat ini rakyat sudah langsung memilih Presiden. Rakyat sekarang sudah cerdas, mereka tahu siapa Presiden yang betul-betul layak dipilih dan tidak mau coba-coba, harus yang sudah teruji. Oleh karena itu rakyat ingin Pak Jokowi dapat lanjut memimpin Indonesia satu periode lagi,” pungkasnya.

Ketua KOBAR Deli Serdang, Nikodemus Sihotang dalam sambutannya di acara tersebut menjelaskan, bahwa ratusan peserta yang hadir dalam deklarasi berasal dari komunitas Ojek Online (Ojol), kelompok tani, dan para mahasiswa.

“Aspirasi kita untuk MPR RI melakukan amandemen UUD 1945 terkait batas masa jabatan Presiden menjadi tiga periode. Para wakil rakyat harus mendengar dan memperjuangkan aspirasi ini,” katanya.

Perwakilan dari komunitas Ojol yang hadir memberikan apresiasi atas kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Pembangunan dimana-mana, jelas tercapai. Jaminan kesehatan dan pendidikan juga terlaksana. Mari kita perjuangkan Jokowi satu periode lagi,” katanya.

Perwakilan dari kelompok tani juga menyampaikan harapan mereka untuk kepemimpinan Jokowi.

“Kami dari kelompok tani Arih Ersada Aron Bolon sangat menginginkan sekali kepemimpinan Presiden Joko Widodo berlanjut tiga periode,” ujarnya.

Mahasiswa yang hadir dalam deklarasi meminta adanya gerakan yang lebih masif untuk menyuarakan aspirasi rakyat terkait dukungan untuk Jokowi tiga periode.

“Acara-acara seperti ini (deklarasi) ataupun kegiatan lainnya di berbagai daerah bisa dipublikasikan di media sosial sehingga MPR melihat bahwa banyak daerah yang menginginkan Jokowi tiga periode,” katanya.

Show More

admin

Deempatbelas.com merupakan salah satu media online di Kota Medan yang beralamatkan di Jalan Armada No.14 Kecamatan Medan Kota. Medan, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button