ads

Krokot: Apa itu ukuran penyajian terlalu banyak? Cari tahu apa yang dikatakan para ahli dan dapatkan informasi ukuran penyajian dan alasan untuk memakan sesuatu

Krokot: Apa itu Ukuran Penyajian Terlalu Banyak? Cari Tahu Apa yang Dikatakan Para Ahli dan Dapatkan Informasi Ukuran Penyajian dan Alasan untuk Memakan Sesuatu

Makanan tetap menjadi perhatian utama dalam kehidupan manusia. Selain sebagai sumber energi, makanan juga memainkan peran dalam kesehatan dan kesejahteraan kita. Namun, satu dari banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kita adalah jumlah makanan yang kita makan. Dalam beberapa kasus, makanan dilebih-lebihkan atau dikonsumsi berlebihan sehingga dapat menyebabkan dampak negatif pada tubuh kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas apakah ukuran penyajian terlalu banyak dan apa yang dikatakan oleh para ahli.

Ukuran Penyajian Terlalu Banyak

Kita sering melihat makanan yang disajikan dalam ukuran yang berlebihan saat makan di restoran atau bahkan di rumah. Bahkan, kita terkadang merasa puas setelah hanya beberapa gigitan, tetapi jumlah makanan yang tersedia pada piring kita jauh lebih besar daripada kebutuhan kita. Hal ini sering menyebabkan kita makan lebih banyak daripada yang kita butuhkan, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Para Ahli: Apa yang dikatakan?

Para ahli kesehatan dan gizi sepakat bahwa ukuran penyajian memainkan peran penting dalam kesehatan manusia. Ukuran yang ideal dari sebuah porsi makanan sangat bergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas fisik seseorang. Namun, sebagai panduan umum, American Heart Association merekomendasikan bahwa setiap orang makan tidak lebih dari 6 ons daging atau bahan protein lainnya per hari.

Lebih lanjut, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menunjukkan bahwa seseorang cenderung makan hingga 92% dari porsi makanan yang tersedia pada mereka. Dalam sebuah penelitian lain, para peserta makan 30% lebih banyak ketika diberikan sajian yang lebih besar dibandingkan dengan sajian yang lebih kecil.

Ukuran Penyajian yang Disarankan

Untuk membantu mengontrol jumlah makanan yang kita makan, FDA merekomendasikan panduan sederhana yang disebut “MyPlate”. Panduan ini mengklasifikasikan makanan menjadi empat kelompok: buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein. Panduan ini juga merekomendasikan cara yang tepat untuk menyeimbangkan porsi makanan dan mengurangi jumlah makanan yang berlebihan.

Selain itu, Harvard Health Publishing merekomendasikan agar kita mengurangi ukuran porsi makanan dengan menggunakan piring yang lebih kecil, berkonsentrasi pada makanan yang membuat kita merasa kenyang, dan mengambil waktu untuk menikmati makanan. Makan perlahan, mengunyah makanan dengan baik, dan menyadari rasa kenyang dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang kita konsumsi.

Alasan untuk Memakan Sesuatu

Ukuran penyajian yang besar tidak hanya memengaruhi kesehatan kita tetapi juga mengubah motivasi kita untuk makan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Food Research and Action Center, orang yang diberikan ukuran penyajian yang besar cenderung mengonsumsi makanan yang kurang sehat karena mereka merasa bahwa nilai kalori yang lebih rendah akan tersembunyi dalam jumlah yang lebih banyak. Ini berarti bahwa orang cenderung memakan makanan yang tidak sehat hanya karena jumlah makanannya.

Kesimpulan

Makanan adalah aspek penting dalam kehidupan manusia. Namun, jumlah makanan yang kita makan sangat penting dalam mempengaruhi kesehatan kita. Sebagai panduan umum, kita harus menghindari ukuran penyajian yang berlebihan dan fokus pada makanan yang sehat dan bergizi. Ini akan mengurangi jumlah makanan yang berlebihan dan membantu kita untuk mengontrol kesehatan kita. Menjadi ahli dalam memilih dan mengukur ukuran porsi makanan yang tepat adalah kunci untuk mencapai keseimbangan yang sehat dan hidup yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *