ads

Polres Batubara Gelar Operasi Zebra Toba 2023 Tingkatkan Kesadaran Pengendara Berlalu Lintas

Batu Bara – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Batu Bara melaksanakan kegiatan peneguran humanis terhadap pelanggaran kasat mata dalam rangka Operasi ZEBRA TOBA-2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengendara dan menciptakan keselamatan lalu lintas yang lebih baik di wilayah hukum Polres Batu Bara, Senin (11/09/2023).

Personil Sat Lantas Polres Batu Bara, yang dipimpin oleh Kasat Lantas, bersama Kepala Bidang Operasional (KBO) dan para Kepala Unit Sat Lantas, serta personil Sat Lantas lainnya, melakukan himbauan penggunaan helm SNI dengan pendekatan humanis dan simpatik kepada pengguna jalan. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendorong terciptanya Keselamatan, Keamanan, Ketertiban, Kelancaran Lalu Lintas (KAMSELTIBCARLANTAS) di wilayah hukum Polres Batu Bara.

Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak, termasuk:

1. Kasat Lantas.

2. KBO dan para Kepala Unit Sat Lantas.

3. Personil Sat Lantas.

Dalam kegiatan ini, personil Sat Lantas Polres Batu Bara melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mensosialisasikan kepada pengendara sepeda motor untuk melengkapi SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang masih berlaku.

2. Memeriksa kelengkapan kendaraan sesuai dengan standar, termasuk kaca spion, TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), dan knalpot standar.

3. Mengedepankan penggunaan helm SNI bagi pengendara dan penumpang sepeda motor.

4. Tidak melakukan penindakan dengan tilang terhadap pelanggaran, melainkan memberikan teguran kepada pelanggar.

Kegiatan ini memberikan hasil positif, di antaranya:

1. Kesadaran pengendara sepeda motor tentang pentingnya menggunakan helm SNI dalam mengendarai sepeda motor.

2. Peningkatan pemahaman masyarakat tentang kelengkapan kendaraan bermotor, seperti SIM dan STNK.

  1. Dengan upaya peneguran humanis ini, Sat Lantas Polres Batu Bara berharap dapat menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan tertib, serta mengurangi pelanggaran kasat mata di wilayah hukum mereka. Ini merupakan langkah konkret dalam mendukung Operasi ZEBRA TOBA-2023 untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas. Tetap patuhi aturan lalu lintas dan pastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *